Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital

Authors

  • Pontjowulan H.I.A. SMK Negeri 9 Samarinda

Keywords:

Implementation, ChatGPT, Learning, Digital Era

Abstract

Media pembelajaran pada era digital dapat meningkatkan kualitas serta memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi adalah ChatGPT (Generative Pre-Training Transformer) yaitu sistem kecerdasan buatan yang memungkinkan interaksi percakapan menggunakan teks. ChatGPT dapat merespons pertanyaan manusia dalam bentuk teks yang diketik pada aplikasi tersebut. ChatGPT dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang kompleks, membantu menjembatani kesenjangan dalam pemahaman, dan meningkatkan efektivitas belajar. Aplikasi ini banyak diminati oleh guru dan siswa karena jawaban yang diberikan terstruktur dengan baik bahkan dapat menyelesaikan masalah dalam waktu yang singkat. Penelitian ini menggunakan studi pustaka atau library research yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang melibatkan analisis mendalam terhadap literatur atau referensi. Penelitian ini mencoba mengulas implementasi ChatGPT dalam pembelajaran yang diawali dengan prosedur menggunakan aplikasi, kelebihan dan kekurangan, serta penggunaan prompt agar guru bersama siswa dapat menggunakan media tersebut secara efektif. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat menjawab relevansi, informasi yang lebih akurat, dan cara menggunakan ChatGPT dalam pembelajaran yang lebih baik. Oleh karena itu perlu adanya integrasi teknologi dalam pembelajaran dengan cara yang tepat dan efektif serta pengembangan kompetensi bagi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis teknologi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, M. (2023). Karya Tulis Ilmiah: Implementasi Chatgpt Dan Manajemen Referensi Menulis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456-463.

Hadian, T., Pkim, M., & Rahmi, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher.

Hosni, A., Ariffin, M. F. M., & Ishak, H. (2023). Editorial Notes: Isu Dan Cabaran Chatgpt Terhadap Pengajian Islam. Al-Turath Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 8(1).

HUDA, A. N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chatgpt Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Pelajaran Elektronika Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Iriyani, S. A., Patty, E. N., Akbar, A. R., Idris, R., & Priyudahari, B. A. P. (2023). Studi Literatur: Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan. Upgrade: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9-16.

Manik, E., Marbun, Y., Simanjuntak, R. A. B., & Simarmata, R. J. (2023). Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2297-2303.

Lorensius, L., Anggal, N., Darung, A., & Antonius, Z. (2023). Training On Making Interactive Learning Media Using Powerpoint To Improve Teacher Competence. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 919-927.

Maulana, M. S., Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat Gpt Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16-19.

Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67).

Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023, June). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 593-604).

Rachbini, W., & Evi, T. (2023). Pengenalan ChatGPT Tips dan Trik bagi Pemula. Cv. Aa. Rizky.

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1-7.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30.

Sahabudin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus: Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal e-bussiness Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65-73.

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran artificial intelligence ChatGPT dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1-18.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49-58.

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1-10.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.3

Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 13(2), 109-128.

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69-76.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Pontjowulan , P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156